Pengertian Batuk Rejan

Penyakit batuk rejan atau juga dikenal sebagai ‘pertusis’ atau dalam bahasa inggris Whooping Cough adalah salah-satu penyakit menular. Di dunia terjadi sekitar 30 sampai 50 juta kasus per tahun, dan menyebabkan kematian pada 300.000 kasus (data dari WHO). Penyakit ini biasanya terjadi pada anak berusia di bawah 1 tahun. 90 persen kasus ini terjadi ni negara berkembang, penyakit ini biasanya diakibatkan oleh bacterium Bordetella namun tidak jarang diakibatkan oleh B. parapertussis

Pengertian Batuk RejanPenyebab Batuk Rejan

Batuk rejan disebabkan oleh bakteri yang disebut Bordetella batuk rejan. Ini dapat menjadi sangat menular dan dapat menyebar dari orang ke orang melalui tetesan di udara yang dirilis pada batuk atau bersin.

Gejala Batuk Rejan

Biasanya dimulai dengan gejala ISPA ringan seperti batuk, bersin dan cairan hidung keluar terus menerus (pada stadium catarrha) kemudian sesudah 1 minggu sampai 2 minggu dilanjutkan dengan batuk yang terus menerus namun diikuti masa dimana ada jeda batuk (stadium paroxymal). Batuk ini mungkin dapat diikuti dengan adanya muntah, hal ini disebabkan rasa mual yang diderita, dan pada anak kecil dimana reflek fisiologis yang belum terbentuk secara sempurna maka akan menimbulkan muntah, hal ini tidak jarang membawa ke arah malnutrisi. Batuk ini dapat di picu oleh menguap, tertawa atau berteriak, dan akan berkurang sesudah 1 sampai 2 bulan. Komplikasi yang dapat mengikuti keadaan ini adalah pneumonia, encephalitis, hipertensi pada paru, dan infeksi bakterial yang mengikuti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*